MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG PENYAKIT JANTUNG BAWAAN

Sumber gambar sciencecare.com

Penyakit jantung bawaan – Penyakit jantung adalah satu dari sekian banyak penyakit yang membahayakan. Penderita dari penyakit ini akan sangat mungkin mengalami masalah yang serius bagi kesehatannya. Bahkan, pada beberapa kasus, tidak jarang juga penderita penyakit ini sampai kehilangan nyawa.

Penyakit jantung sendiri memiliki banyak ragam dan jenis. Dari sekian jenis yang ada, jantung koroner adalah masalah kesehatan jantung yang paling menyita perhatian.

Bukan tanpa sebab. Masalah jantung koroner sendiri agaknya sudah banyak diderita dan merenggut nyawa para penderitanya. Namun yang menjadi masalah kemudian adalah; banyaknya korban tidak membuat calon penderita merasa khawatir dan takut.

Ya. Pada praktiknya, mereka bahkan tidak memperdulikan mengani hal ini. Dan bukannya menjauhi faktor penyebab jantung koroner, beberapa calon penderita malah justru mendekatinya.

Berbeda dengan jantung koroner yang memiliki faktor resiko, penyakit jantung bawaan justru tidak memiliki faktor resiko kecuali keturunan.

Ya, penyakit ini adalah penyakit bawaan yang diturunkan melalui gen. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa seorang ayah yang memiliki masalah jantung bawaan akan menurunkan masalah yang sama pada anaknya. Hal yang sama juga bisa berlaku pada ibu dan anak.

Tapi, apakah hal tersebut berlaku demikian? Untuk lebih tahu selengkapnya, mari kita simak ulasan lengkap berikut ini.

DEFINISI PENYAKIT JANTUNG BAWAAN

Alodokter.com menjelaskan bahwa penyakit jantung ini adalah kondisi di mana jantung memiliki kelainan bentuk maupun fungsi. Kelainan ini sendiri umumnya timbul secara alami setelah lahir. Atau, pada beberapa kasus, kelainan-kelainan ini muncul pada tahap perkembangan.

Dari apa yang dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa penyakit jantung ini bisa terjadi karena masalah pembentukan jantung pada saat penderita masih dalam bentuk janin.

Hingga detik ini masih belum diketahui kenapa kondisi tersebut bisa terjadi. Tapi untuk masalah ini, kami mengumpulkan beberapa literatur bahwa kondisi ini bisa muncul karena beberapa faktor.

MENGENAL FAKTOR PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG BAWAAN

Hellosehat.com menjelaskan bahwa faktor penyebab adalah faktor yang memicu terjadinya suatu penyakit. Pada kasus masalah kesehatan jantung bawaan, malfungsi dan kelainan bentuk yang terjadi bisa diakibatkan oleh pembentukan yang tidak sempurna pada saat penderita dalam kandungan.

Kami telah mengumpulkan beberapa sumber bahwa disebutkan pembentukan tidak sempurna tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor sebagai berikut.

  • Riwayat kelainan jantung pada keluarga

Masalah penyakit jantung ini bisa timbul manakala penderita memiliki keluarga dengan riwayat masalah jantung. Jika kondisi ini terjadi, akan sangat mungkin saat penderita dalam kandungan, ia tidak bisa mendapatkan pembentukan jantung yang sempurna.

  • Penggunaan obat-obatan khusus di masa kehamilan

Belum diketahui benar obat apa yang memberi pengaruh terhadap proses pengembangan tubuh janin. Tapi pada perkembangannya, kami memahami bahwa ada beberapa obat yang efektif memberi dampak pada perlembatan pembentukan organ pada janin.

  • Kecandungan alkohol dan obat-obatan terlarang

Pada perkembangannya, tidak hanya obat-obatan medis saja yang memberi dampak pada lambatnya perkembangan janin, alkohol dan obat-obatan terlarang juga memberikan dampak yang sama.

Anda bisa mengalami masalah serius manakala ibu Anda gemar mengonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol saat Anda masih dala kandungan.

  • Diabetes

Selain obat-obatan terlarang, gangguan kesehatan diabetes juga berpengaruh dalam pelambatan dan/atau terganggunya proses perkembangan janin dalam kandungan yang berakibat pada malfungsi jantung.

Itulah beberapa hal mengenai penyakit jantung bawaan. Hal-hal di atas bisa Anda jadikan referensi dan masukan positif untuk tindak pencegahan dikemudian hari.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>